Ini adalah sebuah blog yang dibuat unutk mendokumentasikan dan berbagi mengenai apa saja yang didapatkan oleh penulis selama masa studi nya. setiap dokumen yang di posting adalah sebuah tugas yang diberikan dari guru/dosen.
A. D EFINISI SOP SOP ( Standard Operating Procedures ) adalah panduan hasil kerja yang diinginkan serta proses kerja yang harus dilaksanakan. SOP dibuat dan di dokumentasikan secara tertulis yang memuat prosedur (alur proses) kerja secara rinci dan sistematis. Alur kerja (prosedur) tersebut haruslah mudah dipahami dan dapat di implementasikan dengan baik dan konsisten oleh pelaku. Implementasi SOP yang baik akan menunjukkan konsistensi hasil kerja, hasil produk dan proses pelayanan seluruhnya dengan mengacu kepada kemudahan, pelayanan dan pengaturan yang seimbang. B. JENIS-JENIS SOP 1. SOP Profesl (Keilmuan/Teknis) : merupakan SOP keilmuan / teknis untuk profesi Medis , Keperawatan, dan profesi lainnya. SOP memuat proses kerja untuk Diagnostik, Terapi. Tindakan, Asuhan. 2. SOP Pelayanan (Manajerial) : merupakan SOP Pelayanan Medik, Keperawatan, Penunjang Medik yang bersifat manajerial / administrasi atau berhubungan d...
MENANGANI TELEPON MASUK Oleh : Siti Ngudyati (23) Menerima telepon sama halnya saat kita menerima tamu. Sebagai tuan rumah tentu kita harus berusaha menjadi tuan rumah yang baik dan menyenangkan. Meskipun saat bertelepon mimik muka kita tidak terlihat, bukan menjadi alasan kita berbicara semaunya. Karena suasana hati kita bisa dirasakan saat kita berbicara. A. Etika menerima telepon 1. Mengangkat telepon a. Segera angkat telepon yang berdering kurang dari 3 kali dering b. Angkat gagang telepon dengan kanan kiri, sedangkan tangan kanan bersiap dengan alat tulis dan block note c. Menjawab telepon hendaknya singkat, jelas dan hormat tanpa mengucapkan kata HALO d. Sebutkanlah identitas diri, kantor, atau perusahaan. Jika mpenelepon belum menyebutkan identitasnya, mintalah agar ...
DOKUMEN & DOKUMENTASI 1. Pengertian Dokumen Menurut : a. Menurut KBBI Dokumen adalah sesuatu yang tertulis atau tercetak yang dapat dipergunakan sebagai bukti atau keterangan. b. Menurut ensiklopedi administrasi perkantoran Dokumen adalah warkat asli yang digunakan sebagai alat pembuktian/sebagai alat untuk mendukung suatu keterangan. c. Menurut Kamus Bahasa Inggris Webster 1) Dokumen dapat membuktikan dengan keterangan dan melengkapi keterangan dengan fakta-fakta. 2) Dokumen melengkapi keabsahan keterangan, seperti surat keterangan, pernyataan, lampiran, untuk melengkapi buku atau tesis. 2. Pengertian Dokumentasi Menurut : a. Menurut kamus administrasi perkantoran Dokumentasi adaah ...
Comments
Post a Comment
Terimakasih telah membaca. komentar Anda sangat bermanfaat untuk penigkatan kualitas blog ini