PERMINTAAN DAN PENAWARAN
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada zaman modren seperti
sekarang ini kebanyakan orang menganggap bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang
mengenai permintaan dan penawaran. Tentu saja ilmu ekonomi tidak sesederhana
itu. Akan tetapi,hukum penawaran dan permintaan memang merupakan bagian yang
terpenting dalam pemahaman kita mengenai pasar. Di dalam perekonomian pasar
tentunya ada yang disebut permintaan dan penawaran. Permintaan adalah jumlah
barang yang diminta pada jumlah dalam waktu tertentu, sedangkan penawaran
adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen
kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Permintaan dan Penawaran memiliki hubungan yang erat satu sama lain untuk
mendukung perdagangan.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa itu permintaan dan penawaran?
2.
Bagaimana hukum permintaan dan
penawaran?
3.
Faktor apa saja yang mempengaruhi
permintaan dan penawaran?
C. Tujuan
1.
Agar dapat memahami pengertian
dari permintaan dan penawaran
2.
Agar dapat mengerti mengenai
hukum permintaan dan penawaran
3.
Agar dapat mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Definisi Permintaan dan Penawaran
Permintaan adalah
jumlah barang yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
dalam suatu pasar.
Penawaran adalah
jumlah barang yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka
memenuhi kebutuhan masyarakat dalam suatu pasar.
B. Hukum Permintaan dan Penawaran
Hukum
permintaan adalah semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang
yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah
barang yang diminta.
Kenaikan permintaan menyebabkan
kenaikan harga pada harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan
permintaan akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas
ekuilibrium.
Hukum penawaran adalah semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para
penjual dan sebaliknya, semakin rendah
harga suatu barang, semakin sedikit
jumlah barang yang ditawarkan.
Kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan
harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan kuantitas ekuilibrium. Penurunan
penawaran menyebabkan kenaikan harga ekuilibrium dan menyebabkan penurunan
kuantitas ekulibrium.
1. Kurva Permintaan
Kurva permintaan adalah suatu kurva yang menggambarkan
sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang diminta
pembeli. Kurva permintaan pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah.
Gambar kurva
permintaan
2.
Kurva Penawaran
Suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga
suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan. Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas.
Gambar kurva
penawaran
C. Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
1.
Permintaan
a. Perilaku Konsumen atau Selera Konsumen
Contoh : Saat ini handphone Samsung sedang trend dan banyak yang berminat, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin sudah dianggap kuno.
b. Ketersediaan dan Harga Barang Sejenis Pengganti dan
Pelengkap
Contoh : Jika roti tawar tidak ada atau harganya
sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
c. Pendapatan atau Penghasilan Konsumen
Contoh : Orang yang punya gaji dan tunjangan besar
dapat membeli banyak barang yang dinginkan, tetapi jika pendapatannya rendah
maka seseorang akan berhemat untuk tidak berbelanja barang yang belum diperlukan.
d. Perkiraan Harga di Masa Depan
Contoh : Jika harga bensin akan naik bulan depan, orang akan
membeli dalam jumlah banyak untuk persediaan ketika harganya belum naik.
e. Banyaknya atau Intensitas Kebutuhan Konsumen
Contoh : Ketika terjadi hujan abu, permintaan akan masker atau
pelindung lainnya akan meningkat drastis.
2. Penawaran
a. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih
tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan
konsumen yang turun.
b. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga
yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah
sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
c. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang
perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan
harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai
faktor.
d. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat
tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang
mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak
laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan
biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
BAB 3
PENUTUP
A. Kesimpulan
Hukum permintaan dalam
ekonomi menyebutkan bahwa, “Semakin
tinggi harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang diminta dan
sebaliknya semakin rendah harga suatu barang semakin banyak jumlah barang yang
diminta”.
Hukum
penawaran dalam ekonomi menyebutkan bahwa, “Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para
penjual dan sebaliknya semakin rendah harga suatu barang, semakin sedikit
jumlah barang yang ditawarkan”.
B. Saran
Berdasarkan
materi, pedagang tidak seharusnya menaikkan barang karena bertepatan dengan event tertentu dan membuat barang
tersebut seokah-olah menjadi langka. Pemerintah juga sebaiknya selalu memantau
distribusi barang pasar agar tidak terjadi kecurangan seperti penimbunan yang
dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang akan menyebabkan harga
melambung tinggi dan membebani masyarakat ekonomi bawah.
Comments
Post a Comment
Terimakasih telah membaca. komentar Anda sangat bermanfaat untuk penigkatan kualitas blog ini